Ketahui Sejak Dini Pengertian Penyakit Menular Seksual

Anda tentunya pernah mendengar kata PMS, PMS merupakan kepanjangan dari Penyakit Menular Seksual. Sebenarnya apa sih pengertian penyakit menular seksual itu?

Pengertian Penyakit Menular Seksual

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian penyakit menular seksual secara umum. Penyakit menular seksual atau saat ini lebih dikenal dengan istilah infeksi menular seksual atau IMS merupakan penyakit atau infeksi yang ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman atau seks bebas. Cara penyebaran penyakit ini bermacam-macam, dapat melalui darah, sperma, cairan vagina atau cairan-cairan tubuh yang lain.

Pada pengertian penyakit menular seksual secara umum, cara penyebaran penyakit menular seksual juga dapat terjadi tanpa melakukan hubungan seks juga dapat terjadi pada seorang ibu kepada bayi yang sedang dikandungnya. Pemakaian jarum suntik yang tidak higienis dan secara bergantian juga menjadi penyebab penularan penyakit ini.

Penyakit menular seksual dapat terjadi pada umumnya disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit sehingga menyebabkan penyakit menular seksual. Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa jenis penyakit menular seksual yang pada umumnya terjadi kepada kita.

Jenis-jenis Penyakit Menular Seksual

Setelah Anda mengetahui pengertian penyakit menular seksual (PMS), maka Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis penyakit menular seksual yang pada umumnya terjadi di masyarakat, antara lain yaitu:

Herpes Kelamin

Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV), terutama HSV-2. Gejala yang sangat mencolok dari penyakit ini adalah adanya luka lecet, bisul atau luka pada daerah kelamin. Namun, penyakit ini juga terkadang dapat menginfeksi seseorang tanpa menunjukkan gejala-gejala. Penyakit ini juga dapat menyerang melalui kontak secara langsung meskipun seseorang yang telah terjangkit tidak mendapatkan tanda-tanda peradangan atau lecet. Penyakit ini sangat berbahaya bagi wanita yang sedang mengandung, sebab bayi yang sedang berada dalam kandungan beresiko terinfeksi virus ini, jika terbukti sang ibu positif mengalami penyakit ini.

Kutil Kelamin

Penyakit ini terjadi akibat virus Human papillomavirus (HPV) yang mengakibatkan tumbuhnya kutil pada bagian kelamin. Penyakit kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling serius dan berbahaya serta mudah untuk ditularkan. Jika penderita penyakit ini tidak mendapatkan pengobatan yang benar, maka dapat mengakibatkan kanker rahim, vulva, vagina atau penis. Kutil kelamin mempunyai warna daging atau kemerahan yang dapat tumbuh secara berkelompok di sekitar organ seksual.

Bentuk kutil kelamin yang biasanya ditemui seperti kembang kol dan berukuran kecil atau besar. Biasanya kutil kelamin tidak menyakitkan, namun terkadang menimbulkan perasaan gatal dan mengeluarkan darah jika digaruk. Terdapat beberapa penderita yang memiliki HPV namun tidak menunjukkan gejala sehingga tidak menyadari bahwa dirinya terinfeksi virus HPV.

Klamidia

Klamidia adalah penyakit menular seksual yang paling sering ditemukan, hal ini disebabkan karena klamidia dapat dengan mudah menyebar dan gejala penyakit ini tidak dapat terlihat secara kasat mata. Seseorang dapat teridentifikasi terinfeksi penyakit ini jika telah melakukan pemeriksaan ginekologi yaitu dengan uji klamidia. Bagi Anda yang sangat aktif dalam melakukan hubungan seks sangat penting untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis ginekologi. Pada beberapa kasus yang ditemui, jika seseorang mengidap penyakit klamidia, terdapat beberapa gejala yang biasanya dirasakan seperti munculnya cairan putih atau kuning dari ujung penis, sering buang air kecil, terjadi sensasi terbakar, testis yang lembek serta munculnya bau yang tidak sedap pada cairan vagina.

Sipilis

Sipilis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri treponam pallidum. Pada umumnya penyakit ini menyebar melalui aktivitas seksual yaitu melalui seks anal dan oral, namun pada beberapa kasus bakteri ini juga dapat menular melalui ciuman secara terus menerus atau melalui kontak dengan luka. Penyakit sifilis biasanya muncul dalam beberapa tingkatan mulai dati tingkat awal hingga tingkat akhir yang dapat menyebabkan kematian.

Gonorea

Gonorea merupakan penyakit yang menyebar melalui cairan tubuh seseorang yang terinfeksi dan hampir mirip dengan HIV. Bakteri Neisseria Gonorrhea dapat tumbuh subur dan berkembang biak di selaput lendir serta bagian tubuh yang hangat dan lembab seperti leher rahim, rahim dan uretra. Gejala penyakit gonorea pada umumnya tidak dapat diketahui, tetapi ada beberapa hal yang dapat menjadikan ciri bahwa seseorang menderita penyakit gonorea seperti konjungtivis, vulvitis atau pembengkakan vulva, dan terjadinya pembengkakan kelenjar pada tenggorokan karena sering melakukan oral seks.

HIV/ AIDS

Diantara penyakit menular seks lainnya, HIV/AIDS merupakan penyakit yang paling mematikan, sebab sampai dengan saat ini belum ada obat yang mampu untuk mengobati penyakit ini. Penyakit ini terjadi akibat virus AIDS yang melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga tidak mampu melindungi diri dari penyakit dan infeksi.

Itulah artikel mengenai pengertian penyakit menular seksual serta beberapa jenis penyakit menular seksual yang harus Anda ketahui. Jika Anda ingin mengetahui pengertian penyakit menular seksual secara lebih mendalam, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini